Jumat, 24 Februari 2012

EFEK TIDUR BERLEBIHAN


Kurang tidur merupakan perilaku yang tidak sehat yang dapat memicu gangguan tubuh dan penyakit. Namun tahukah Anda, ternyata tidur berlebihan juga memiliki bahaya yang hampir sama dengan kurang tidur. Berikut ini ada beberapa resiko yang mengancam dan bisa terjadi pada Anda yang suka tidur berlebihan.
· Sakit Kepala
Kadang saat akhir pekan atau liburan, seseorang menghabiskan waktunya di tempat tidur untuk memperbanyak jam tidurnya. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala saat bangun. Tidur berlebihan mempengaruhi sistem syaraf pada neurotransmitter tertentu dalam otak, termasuk serotom. Tidur lama pada siang hari dapat mengacaukan pola tidur malam hari seseorang, hal ini juga menjadi penyebab rasa sakit kepala saat pagi harinya.
· Diabetes
Orang yang tidur lebih dari sembilan jam per malam beresiko 50 persen lebih besar terkena diabetes dibanding mereka yang tidur tujuh jam per malam. Hal ini berdasarkan sebuah riset di AS yang melibatkan puluhan partisipan yang menunjukkan adanya hubungan antara tidur dan resiko diabetes. Resiko terkena diabetes juga menimpa orang yang tidur kurang dari 5 jam per malam.
· Berat Badan Naik
Tidur berlebihan, selain beresiko terkena diabetes juga dapat memicu naiknya berat badan. Orang yang tidur 9 sampai 10 jam tiap malam beresiko 21 persen lebih besar mengalami kelebihan berat badan (obesitas) dalam kurun waktu enam tahun dibanding mereka yang tidur tujuh sampai delapan jam.
· Penyakit jantung
Terlalu banyak tidur dapat memicu penyakit jantung yang mengakibatkan kematian dini. Hal ini berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh Marwick Medical Scholl pada tahun 2007. Menurut para peneliti, orang yang tidur lebih dari 7 jam setiap malam memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung dua kali lebih besar dibanding orang yang tidur rutin tujuh jam setiap malamnya.
· Depresi
Efek buruk tidur berlebihan yang lain adalah peningkatan resiko gangguan mental misalnya depresi. Saat orang sedang depresi mungkin merasa ingin lebih banyak tidur, namun pada gilirannya tidur berlebihan justru malah dapat memburuk depresi.
Semua hal memang ada resikonya. Jika sudah mengetahui bahwa baik tidur berlebihan maupun kurang tidur memiliki resiko yang hampir sama bahayanya maka kini keputusan ada di tangan Anda. Tetap berada pada pola tidur yang kurang sehat, atau kembali memperbaiki jam tidur Anda.
Semoga bermanfaat
Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Roma