Sabtu, 10 Maret 2012

Kandungan yang terdapat pada teh hijau

Teh merupakan salah satu minuman yang begitu familiar dan banyak peminatnya di wilayah asia dan khususnya di Asia Tenggara. Di Indonesia meminum teh dilakukan setiap hari, berbeda dengan di wilayah eropa minum teh biasanya dilakukan hanya apabila ada perayaan khusus, meminum teh memang banyak manfaatnya, teh minuman yang menyehatkan jelas karena kandungannya yang sangat baik bagi tubuh.

berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, manfaat teh hijau untuk kesehatan sangatlah banyak.Teh hijau mengandung zat antioksidan yang dapat menolak racun yang akan masuk ke tubuh kita. Teh hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut.

Dalam teh Hijau kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.

Manfaat Teh Hijau antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut-sebut sebagai minuman kaya manfaat.

Khasiatnya antara lain :
Khasiat teh bagi kesehatan telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Dalam penelitian ilmiah, ditemukan kegunaan teh secara farmakologi bagi tubuh manusia. Disebabkan karena adanya berbagai jenis senyawa kimia seperti asam amino, alkaloid murni, zat aromatic dan vitamin.
Kandungan vitamin C dalam teh lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan yang ada di apel, tomat dan jeruk nipis. Sedangkan B12 besarnya 10 – 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang didapat dalam sereal dan sayuran, dan komponennya tidak mudah didapat pada makanan lain.
Teh mengandung asam amino yang diperlukan oleh tubuh, kaya akan mineral dan berbagai vitamin. Seorang peminum teh yang secara teratur minum teh dengan dosis rasional, akan mendapatkan suplai nutrisi yang teratur bagi tubuhnya dan menyebabkan terbentuknya kekebalan alami.

Selain itu beberapa unsur dalam teh dapat mendeteksi perkembangan sel tumor yang terdapat pada beberapa bagian dari tubuh manusia.
Senyawa dalam teh dan fungsinya :

1.KATEKIN
>Menurunkan kadar kolesterol
>Menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah
>Anti kanker, factor anti mutant
>Membantu kerja ginjal mencegah terjadinya batu empedu
2. POLIFENOL/TANIN
>Memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri
>Memiliki fungsi anti oksidan
>Melarutkan lemak
3. KAFEIN (Theophyiline Theobromine)
>Menstimulasi pusat syaraf
>Memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal
>Meningkatkan konsentrasi
4. MINYAK ESENSI
>Memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak
>Sumber aroma teh
5. FLAVANOLS
>Menguatkan pembuluh darah, memiliki fungsi antioksidan
6. FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium)
>Mencegah kerusakan gigi
7. VITAMIN C
>Mencegah dan melawan influenza
>Mengurangi stress
>Menurunkan tekanan darah tinggi
>Memiliki fungsi anti oksidan
>Melindungi kornea mata dan sinar UV (mencegah katarak)
8. VITAMIN E
>Mencegah penuaan dini
>Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
>Mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah
9. VITAMIN B Kompleks
>Membantu metabolism karbohidart
10. MONOCITRATE
>Mencegah bau mulut (nafas tidak segar)
11. CHLOROPIL

0 komentar:

Posting Komentar

Roma